Berita terbaru seputar jakarta

Politik,Olahraga,Kesehatan,Teknologi Informasi dll

Bertemu Putri Duyung di Tepi Pantai

Posted by yunusfz on September 11, 2009

Copenhagen – Siapa yang tidak kenal dongeng Si Putri Duyung Kecil (Little Mermaid) karya Hans Christian Andersen? Di negara asalnya, Denmark, patung sang putri duyung di pantai Copenhagen dikunjungi ribuan orang setiap tahun.

Andersen memang pendongeng tersohor. Semasa hidupnya di abad 19, lahirlah dongeng seperti Itik Buruk Rupa, Thumbelina, Gadis Korek Api dan tentu saja si Putri Duyung Kecil yang diangkat menjadi film animasi oleh Disney.

Untuk menghargai jasa Andersen, maka dibuatlah patung Putri Duyung di Copenhagen. Ide ini muncul pada 1909 dari Carl Jacobsen, anak dari pemilik perusahaan bir Carlsberg. Yang menjadi pematung adalah Edvard Eriksen dengan memakai model istrinya sendiri untuk tubuh, dan ballerina Ellen Price untuk kepalanya.

Patung ini selesai pada 1913, dan kemudian didudukkan di atas sebuah batu di pelabuhan Langelinie, Copenhagen. Wujudnya adalah seorang perempuan namun kakinya berupa ekor ikan. Dia duduk di atas batu dengan wajah menatap laut lepas, seolah sedang menunggu sang pangeran datang seperti di dalam kisahnya.

Untuk yang baru pertama kali melihatnya, cukup mengejutkan juga. Meskipun patung ini menjadi maskot Copenhagen yang terkenal di dunia, ukurannya ternyata kecil. Tingginya hanya 1,25 meter dengan berat 175 kg.

Saat detikcom berkunjung Jumat (21/8/2009), turis tetap membanjir ke pelabuhan ini. Ternyata, patung Putri Duyung hanya sedikit saja menjorok ke lautan. Para turis masih bisa menjangkau patung ini dengan berdiri di tepi dermaga agar bisa berfoto dari dekat.

Meskipun ada larangan memanjat batu dan patung Putri Duyung, tapi tetap saja ada turis yang melakukannya. Memang tidak ada polisi yang menjaga maskot Copenhagen ini. Kawasan dermaga Langelinie pun secara umum memang sepi, kecuali di sekitar patung.

Itu sebabnya, patung Putri Duyung ini rawan dijahili pengunjung dan sudah berulang kali direnovasi. Sepanjang sejarah, Putri Duyung ini pernah dicat, dipotong kepala dan tangannya, sampai dipasangi jilbab.

Nah, jika anda ingin oleh-oleh bertema Putri Duyung, berbagai toko suvenir Copenhagen menyediakan aneka cinderamata mulai dari miniatur patung lengkap dengan batunya sampai T-Shirt Putri Duyung. Jangan lewatkan pula museum Hans Christian Andersen di seberang Balaikota Copenhagen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: