Berita terbaru seputar jakarta

Politik,Olahraga,Kesehatan,Teknologi Informasi dll

Windows 2003 Server: Mirroring Harddisk tanpa RAID controller

Posted by yunusfz on September 10, 2009

Seminggu yang lalu sempat terjadi masalah yang cukup rumit di kantor, Harddisk bawaan Server mulai kembang kempis dalam membaca dan menulis data, kemudian server sering hang, saat diselidiki ternyata masalah pada Harddisk, bisa-bisa kalau Harddisk tiba2 jebol, 250GB data kantor hilang semua, akhirnya mumpung kepikiran untuk backup data, saya mencari informasi mengenai Redundant Arrays of Inexpensive Disks (RAID), seperti pada singkatannya RAID berfungsi untuk menggabungkan beberapa harddisk dan mendapatkan peningkatan pada kinerja harddisk dengan biaya yang murah🙂. Dengan teknologi RAID ini kita dapat melakukan fungsional harddisk array yaitu salah satunya adalah Mirroring (duplikasi isi Harddisk secara sinkron), sehingga jika salah satu harddisk ada yang “koid” orang jawa bilang, maka harddisk yang satu masih bisa digunakan dan data masih bisa diakses atau digunakan.

Tentu saja dengan memanfaatkan teknologi ini kita dituntut mengeluarkan sedikit tambahan biaya untuk membeli 2 Harddisk dengan ukuran yang sama, dan kalau bisa kedua harddisk tersebut identik untuk merk dan tipe. Kemudian yang paling mahal dan sulit untuk di cari adalah RAID controller, dimana controller ini secara garis besar berfungsi sebagai pemroses Input/Output data pada Harddisk, eh ternyata pas cari-cari harga di internet justru menemukan solusi yang lebih baik dalam melakukan Mirroring di Windows Server, kebetulan file server juga menggunakan sistem operasi Windows 2003 Server.

Software RAID
Berbeda dengan hardware RAID, software RAID tidak memerlukan hardware tambahan untuk melakukan fungsional RAID pada harddisk, cukup dengan menggunakan kemampuan operating system dalam melakukan software RAID, salah satunya adalah Windows 2003 Server.

Windows 2003 Server memiliki feature untuk mengaktifkan bermacam-macam RAID, Mirroring juga meruapakan salah satu kemampuan software RAID pada Windows 2003 Server,dalam melakukan Mirroring semua disk yang akan di Mirror harus bertipe Dynamic disk dan memiliki file system NTFS.

Contoh sederhana dalam melakukan Mirroring:
Untuk tipe disk dapat dilihat pada Disk Management didalam Control Panel >> Administrative Tools >> Computer Management.

softwareraidmonitoringw

Disk Management

Untuk merubah tipe disk dari Basic menjadi Dynamic cukup mudah, klik kanan pada disk yang diinginkan kemudian pilih “Convert to Dynamic disk”

Ingat! kedua Harddisk yang akan di Mirror harus dirubah menjadi Dynamic Disk terlebih dahulu, untuk proses Konversi pada tiap Harddisk dilakukan dengan langkah-langkah yang sama.

softwareraidmonitoringw2

Proses konversi disk

Kemudian pilih harddisk yang akan di Mirror, lalu klik kanan dan pilih Add Mirror

softwareraidmonitoringw3
Add Mirror

Pilih harddisk kedua yang akan digunakan sebagai Mirror dari harddisk pertama, jika semua proses telah dilakukan maka kita cukup menunggu sampai synchronizing data selesai, dan proses Mirroring telah berhasil. Selamat mencoba!

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d bloggers like this: