Berita terbaru seputar jakarta

Politik,Olahraga,Kesehatan,Teknologi Informasi dll

ICW Curigai Kejagung Pengaruhi Panja Agar Cabut Hak Penuntutan KPK

Posted by yunusfz on September 10, 2009

Jakarta – Indonesia Corruption Watch (ICW) punya analisa soal wewenang penuntutan KPK yang digagas hendak dicabut dalam RUU Pengadilan Tipikor. Dicurigai ada peran dari penegak hukum lain yang memang ingin hak tersebut dicabut dari KPK. ICW mencurigai Kejagung.

“Ini berdasarkan pengalaman saat ICW bergabung dalam pembahasan RUU Tipikor dahulu. Jadi ada wacana dari pejabat di Kejagung yang mendorong agar dibahas bila kewenangan KPK hanya sampai pada penyidikan,” jelas Wakil Koordinator ICW Emerson Yuntho saat dihubungi melalui telepon, Kamis (10/9/2009).

Bukan tidak mungkin, dalam RUU Pengadilan Tipikor hal ini pun terjadi. “Untuk itu apabila benar hal demikian terjadi, kita berharap agar pantia kerja (Panja) RUU Pengadilan Tipikor tidak terpengaruh,” jelas Emerson.

Untuk itu, ICW berharap dalam pembahasan ini, Panja juga mau meminta pendapat KPK. “Jadi harus ditanya setuju atau tidak. Jangan sampai muncul anggapan Panja justru menghambat upaya pemberantasan korupsi yang selama ini telah dilakukan KPK,” tutupnya.

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d bloggers like this: