Berita terbaru seputar jakarta

Politik,Olahraga,Kesehatan,Teknologi Informasi dll

abut Asap Kembali Selimuti Palembang

Posted by yunusfz on September 9, 2009

kebakaran-hutan-dalem

Palembang – Meskipun tidak setebal kemarin, kabut asap masih menyelimuti kota Palembang, Sumatera Selatan. Jarak pandang mulai membaik sekitar 600 meter.

Pantauan detikcom, para pengendara kendaraan pada Rabu, (9/9/2009), pukul 06.30 WIB harus menyalakan lampu agar dapat menempuh perjalanan.

Terhadap persoalan kabut asap itu, Gubernur Sumsel Alex Noerdin meminta warga Palembang dan sekitarnya untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Kabut ini disebabkan oleh terbakarnya lahan dan hutan di Sumsel.

Di seluruh Sumsel saat ini ada 405 titik api. Jumlah titik api terbesar di daerah OKI, kemudian Musi Banyuasin, Banyuasin, Musirawas, Muaraenim yang bersifat sporadis atau menyebar karena lahan mengalami kekeringan.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel Sigit Wibowo mengatakan, tim Manggala Agni telah dikerahkan ke lokasi. Diketahui bahwa sumber kebakaran berada di daerah yang berlahan gambut.

“Mudah-mudahan untuk beberapa hari ke depan turun. Memang September dan Oktober adalah puncak titik api,” kata Sigit, Kamis kemarin.

Untuk langkah pemadaman, Sigit mengakui untuk di daerah yang remote (jauh) cukup sulit. Butuh transportasi khusus untuk mengangkut peralatan menjangkau sumber api yang berada di pedalaman.

Dijelaskan dia, kabut asap yang menyelimuti langit Palembang hanya berasal dari Sumsel. Kabut asap kiriman sejauh ini belum terdeteksi dari luar. Kabut asap dari Riau belum menjangkau ke Sumsel.

Sorry, the comment form is closed at this time.

 
%d bloggers like this: